Selasa, 04 Desember 2012

Data Manufaktur AS Jeblok, Wall Street Muram


NEW YORK, KOMPAS.com - Saham-saham di bursa global rata-rata merosot dan mengikis kenaikan yang terjadi di awal perdagangan di bursa saham Wall Street, Senin (3/12/2012) waktu setempat. Pasalnya, data manufaktur Amerika Serikat di November jeblok, menyentuh level terendah dalam tiga tahun.
Institute of Supply Management mengatakan bahwa indek aktivitas pabrik berada di titik terlemah sejak Juli 2009. Angka November ini dipengaruhi oleh dampak badai Sandy yang melanda pantai Timur AS di akhir Oktober.
Pasar juga memasukkan sentimen jurang fiskal yang berkembang makin pelik. Semalam, parlemen dari Partai Republik menolak usul pemangkasan pajak orang kaya dari Obama. Mereka malah memasukkan proposal tandingan untuk mengatasi fiscal cliff berupa pemangkasan defisit senilai 2,2 triliun dollar AS.
Wall Street mengakhiri reli yang terjadi dalam tiga hari terakhir perdagangan bursa. Semalam, indeks Dow Jones ditutup turun 59,98 poin atau 0,46 persen ke 12.965,60. Indeks Standard & Poor's merosot 0,47 persen ke 1.409,46.
Di Eropa, indeks FTSEurofirst 300 naik tipis 0,16 persen setelah di sesi awal sempat reli ke titik tertinggi dalam 17 bulan. Sedangkan indeks global yang diukur dalam indeks MSCI melandai 0,11 persen ke 332,26. (Rika Theo/Kontan)
Data Manufaktur AS Jeblok, Wall Street Muram


Sumber Artikel :  Klik

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Djaloe Inc Visit Forex Trading My Smart Fx