Kamis, 08 November 2012

Takkan ada yang baru dari ECB & BOE



Setelah pemilu AS selesai, fokus tertuju ke Eropa, dengan dua bank sentral besar bersiap mengumumkan hasil rapat reguler yang diperkirakan tidak akan ada keputusan baru.
Fokus tertuju ke Inggris dan keputusan MPC apakah ada penambahan program pembelian aset, kemudian ke ECB dan apakah Presiden Mario Daghi memangkas suku bunga. Tapi ECB sepertinya tidak akan mengeluarkan bazokanya yang diumumkan dua bulan lalu, dan menjaga amunisinya dengan mempertahankan suku bunga.
Program pembelian obligasi, atau yang disebut dengan Outright Monetary Transaction (OMT), yang diumumkan Draghi September lalu, disebut sebagai tanda titik balik sentimen pasar keuangan meski belum digunakan. Pengumuman itu saja cukup untuk menurunkan yield obligasi Spanyol dari level bahaya.
Meski efeknya mulai sirna, para analis melihat ECB belum benar akan melaksanakannya. Rapat ECB bulan ini kemungkinan tidak akan ada keputusan baru, berbentuk suku bunga ataupun kebijakan lainnya. Alhasil, rate tetap di 0,75%. Draghi, yang selalu mengatakan kini giliran pemerintah yang harus membenahi keuangannya, juga tidak akan mengumumkan langkah likuiditas baru.
Meski kondisi makroekonomi mendukung pemangkasan, ECB sepertinya ingin menyimpan amunisi. Zona euro menderita di berbagai sektor, sektor manufaktur dan jasa mengalami kontraksi untuk sembilan bulan berturut-turut. Tingkat pengangguran mencapai 11,6% di tengah program penghematan yang dijalankan beberapa negara.
Sementara itu BOE diperkirakan juga tidak akan mengumumkan hal yang baru setelah data terakhir menunjukkan Inggris keluar dari resesi pada kuartal ketiga. Sebelumnya, banyak analis sempat memperkirakan BOE akan mengumumkan tambahan stimulus untuk merangsang pertumbuhan. Tapi setelah data menunjukkan Inggris lepas dari resesi ganda terpanjangnya sejak 1950, para pengamat melihat BOE akan duduk manis sembari mengamati perkembangan.
BOE telah menyuntikkan 375 miliar pound ke ekonomi sejak Maret 2009, termasuk tambahan 50 miliar pound pada Juli dan September. Dalam program Quantitative Easing itu, BOE membeli aset seperti obligasi pemerintah dan korporat dengan tujuan mendorong kredit.


visit : Takkan ada yang baru dari ECB & BOE

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Djaloe Inc Visit Forex Trading My Smart Fx